Visi & Misi

Visi Kami

“Mewujudkan Guru Kelas SD yang Profesional, Berkarakter, dan Inovatif untuk Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna dan Berpusat pada Murid.”

Visi ini mencerminkan cita-cita kolektif kami untuk terus berkembang sebagai pendidik yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya, tetapi juga memiliki integritas kepribadian serta mampu menghadirkan inovasi dalam setiap proses pembelajaran, dengan selalu menempatkan kebutuhan dan perkembangan murid sebagai prioritas utama.


Misi Kami

Untuk mewujudkan visi tersebut, KKGK berkomitmen untuk melaksanakan misi-misi berikut:

  1. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru
    Mengadakan kegiatan berkelanjutan (seperti seminar, lokakarya, dan pelatihan) untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif, kreatif, dan menyenangkan sesuai dengan kebutuhan murid di era modern.

  2. Memperkuat Penguasaan Kompetensi Profesional
    Memfasilitasi forum diskusi dan berbagi praktik baik (best practices) untuk mendalami materi pelajaran, pengembangan kurikulum, serta penyusunan perangkat pembelajaran (seperti RPP, bahan ajar, dan instrumen asesmen) yang berkualitas.

  3. Menjadi Wadah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
    Mendorong dan mendukung setiap anggota untuk aktif melakukan pengembangan diri melalui kegiatan karya inovatif, penelitian tindakan kelas (PTK), penulisan artikel ilmiah, dan aktivitas lain yang menunjang profesionalisme guru.

  4. Membangun Jejaring dan Kolaborasi yang Sinergis
    Menjalin kemitraan yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan pendidikan, termasuk Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Pengawas Sekolah, Dinas Pendidikan, serta komunitas pendidikan lainnya untuk bersama-sama memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar.

  5. Mengembangkan Inovasi Pembelajaran yang Berpusat pada Murid
    Mendorong terciptanya dan tersebarluasnya model-model pembelajaran inovatif (seperti PJBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, atau pendekatan STEAM) yang mampu mengembangkan potensi, keterampilan abad ke-21 (4C), dan membentuk profil Pelajar Pancasila pada setiap murid.

  6. Memperkuat Peran Guru sebagai Teladan yang Berkarakter
    Membina kepribadian dan sikap profesional guru yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, cakap dalam bersosialisasi, dan dapat menjadi teladan yang positif bagi murid, sesama guru, dan masyarakat.